Cara Cerdas Meningkatkan Penjualan Melalui Integrated Ecommerce Solutions

Ilustrasi ecommerce

Dewasa ini, dalam dunia yang semakin berkembang karena adanya teknologi yang canggih membuat para pemain bisnis berlomba-lomba untuk terjun kedalam arena multi channel ecommerce solution karena besar harapan mampu memberikan peluang yang sangat besar. Situasi yang sangat menantang pada era digital saat ini mampu memotivasi toko online untuk membuat inovasi dalam upaya meningkatkan penjualan.

Untuk meningkatkan penjualan, para pemilik bisnis tidak hanya berfokus pada satu saluran saja. Menggunakan saluran multi channel ecommerce solution seperti aplikasi e-niaga dipercaya mampu meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan. 

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara cerdas meningkatkan penjualan melalui integrated ecommerce solutions. Integrated Ecommerce Solutions atau biasa disebut e-niaga merupakan suatu proses dalam memastikan pesanan pelanggan agar dapat dipenuhi. Dalam proses pemenuhan e-niaga terdapat beberapa indikator yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Manajemen

Manajemen pesanan merupakan salah satu indikator yang melibatkan penerimaan, pelacakan, dan pemenuhan pesanan pelanggan yang berada dalam cakupan penjualan Anda. Integrated Ecommerce Solutions  atau E-niaga harus mampu mengelola pesanan dalam satu tempat, mulai dari saat dipesan hingga saat pengiriman.

Agar bisnis Anda berjalan dengan lancar, Anda perlu memerlukan perangkat lunak e-niaga ini untuk terintegrasi secara mulus dengan platform e-niaga dan toko online milik Anda. 

Inventaris

Dalam proses pemenuhan pesanan, Anda perlu memastikan barang dalam persediaan adalah inventaris Anda. Penyimpanan inventaris biasa dikenal sebagai pergudangan yang berfungsi untuk menjaga keamanan produk Anda serta memungkinkan operator dalam melihat ketersediaan produk.

Manajemen persediaan merupakan salah satu bagian penting dalam proses yang melibatkan pemesanan, pemantauan, peramalan, dan penyetokan ulang. 

Pemrosesan

Melakukan proses pemesanan  atau biasa dikenal sebagai pembelian dan pengepakan merupakan kondisi pada saat staff gudang mengumpulkan barang dari penyimpanan dalam peti atau palet untuk dikirim. 

Pengiriman

Setelah semua tahapan selesai, langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya  adalah proses pengiriman. Proses pengiriman ini dilakukan tergantung ukuran operasi Anda. Apakah barang akan dibawa ke kantor pos setempat atau diambil oleh operator.

Melakukan pelacakan terhadap semua paket dan berbagi informasi terhadap pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal semacam ini perlu dilakukan untuk membangun kedekatan emosional terhadap pelanggan.

Pengembalian

Setelah itu apabila terdapat barang atau produk yang dikembalikan, maka perlu dilakukan proses untuk pengembalian dana atau pertukaran. Produk yang dikembalikan dapat diisi ulang dengan inventaris Anda atau dibuang jika sudah rusak. 

Perlu adanya kebijakan pengembalian yang tepat agar para pelanggan tetap membeli barang di toko online Anda dan bersedia pula untuk membebankan biaya pengiriman kembali. 

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai cara cerdas meningkatkan penjualan melalui integrated multi channel ecommerce solution. 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *