Memulai Usaha? E-Commerce Solution Aja!

gambar tablet dengan tampilan e-commerce

Electronic commerce atau biasa disingkat dengan e-commerce adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan proses penjualan serta pembelian suatu jasa, produk dan informasi yang dilakukan secara digital atau menggunakan jaringan komputer berupa jaringan. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika anda menggunakan ecommerce solution dalam menjalankan usaha.

  1. Keuntungan E-Commerce Solution

Ecommerce solution ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi para pengusaha baru untuk mempermudah dalam menyediakan tempat pemasaran serta menjual berbagai jasa atau produk yang bisa dikelola melalui internet. Berikut ini akan dijelaskan berbagai keuntungan menggunakan e-commerce.

  1. E-commerce bisa memudahkan dalam memasarkan produk atau jasa yang anda jual. Kemudahan ini berupa pembayaran secara online sehingga mempermudah dalam transaksi.
  2. E-commerce membantu anda untuk memperluas jangkauan pemasaran anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.
  3. E-commerce bisa memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli melalui fitur chat.
  4. E-commerce memudahkan konsumen untuk mencari produk yang diinginkan melalui fitur search sehingga tidak perlu ribet untuk mencari produk tertentu.
  5. Jenis E-Commerce Solution

Di Indonesia, ecommerce solution mulai berkembang pesat dilihat dengan banyaknya situs e-commerce yang anda temui. Berikut ini beberapa jenis e-commerce.

  1. E-commerce B2B atau Business to Business adalah suatu bisnis yang dilakukan oleh 2 pihak yang mempunyai bisnis bersama serta saling terikat satu dengan lainnya.
  2. E-commerce B2C atau Business to Consumer adalah bisnis yang banyak diminati di Negara anda, yang dilakukan antara pebisnis dengan pembeli.
  3. E-commerce C2C atau Consumer to Consumer adalah bisnis yang dilakukan pembeli dengan pembeli, contohnya online shop.
  4. E-commerce C2B atau Consumer to Business merupakan bisnis yang dilakukan oleh pembeli dengan produsen yang menjual jasa atau produk.

Selain memiliki banyak keuntungan, e-commerce juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu dari bidang keamanan. Banyak system website yang bisa diakses oleh para hacker yang bisa merugikan anda. Oleh karena itu anda harus pintar memilih jenis ecommerce solution yang aman dan terpercaya untuk usaha anda.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *