Ini Dia Cara Membuat WA Chat Bot yang Wajib Anda Tahu

wa chat bot

Bagi para pengguna WA chat bot, sudahkah Anda tahu terkait penjelasan dan bagaimana cara membuatnya? Nah, jika belum, Anda berada pada posisi yang tepat untuk menyimak pembahasan di bawah ini terkait jenis WA chat tersebut. Penasaran? Ini dia pembahasannya.

Mengenal Apa Itu WA Chat Bot

WA bot memiliki definisi sebagai program yang tergolong otomatis lengkap dengan kecerdasan buatan. Dalam kinerjanya, whatsappchat satu ini memungkinkan komunikasi dua arah pada WA itu sendiri. Sementara, teknologi yang diusung dalam WA chat satu ini merupakan teknologi API atau lebih dikenal dengan ApplicationProgrammingInterface. Teknologi tersebut memungkinkan setiap pesan yang masuk pada pengguna WA nantinya terhubung bahkan akan dijawab atau direspon oleh sistem robot.

Nah, sistem robot yang menjalankan perannya tersebut merupakan sistem bot yang akan kita bahas bagaimana cara membuatnya. Sementara, bahasa yang disampaikan oleh sistem pun merupakan bahasa alami atau natural layaknya bahasa yang disampaikan oleh manusia.

Cara Membuat WA Chat Bot

  • Mendaftar ke Business Solution Provider 

Supaya Anda memiliki WA chat bot, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan bekerjasama dengan BSP atau yang dikenal dengan businesssolutionprovider. Nah, Anda dapat memilih salah satu BSP resmi yang ada di Indonesia.

  • Validasi Akun 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan validasi akun. Validasi akun yang digunakan adalah akun FB managerbusiness. Pada langkah ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa data seperti nama perusahaan, alamat website, email, hingga NPWP bisnis yang Anda miliki. Jika ada data lain yang diminta, usahakan isi dengan sebenar-benarnya dan selengkap mungkin.

  • Merencanakan Chat 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan bagaimana percakapan atau isi pesan yang harus disampaikan oleh chatbot nantinya. Pada tahap ini, Anda perlu merencanakan bagaimana Bot nantinya menjawab pertanyaan-pertanyaan oleh pelanggan. Bahkan, termasuk di dalamnya berupa pertanyaan yang tidak bisa dijawab. 

Dalam penyusunanya, tidak perlu khawatir, biasanya BSP akan memandu Anda dalam menyukseskan tahap satu ini.

  • Mengunggah Alur Percakapan Menuju BSP yang Dipilih

Usai Anda menyelesaikan beberapa langkah di atas, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengunggah alur percakapan menuju BSP yang sudah Anda pilih sebelumnya.

  • Melakukan Uji Coba

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan uji coba chat bot yang sudah selesai Anda siapkan. Bagaimana caranya? Yakni tinggal kirimkan saja pesan pada nomor yang Anda gunakan untuk mendaftar chat bot pada WA. Dengan demikian, maka Anda akan segera menerima balasan yang secara otomatis diberikan oleh sistem robot.

Nah, cara terakhir tersebut sekaligus menandakan bahwa langkah dalam pembuatan WA chat bot yang Anda lakukan telah berhasil.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *