Hal-hal yang Perlu Diketahui terkait Tes Ovulasi

mengetahui masa subur menggunakan alat tes ovulasi

Tes ovulasi seringkali dilakukan guna mengetahui masa subur, harga alat tes ovulasi bermacam-macam. Ovulasi adalah saat sel telur matang dan lalu mulai dilepas indung telur dan siap dibuahi. Alat dan metodenya ada beberapa pilihan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan tes ovulasi.

Media Tes Ovulasi

Sebagai medianya bisa menggunakan beberapa hal berikut ini.

Urin

Lewat urin maka bisa ketahui kadar LH (Luteinizing Hormone) yang akan melonjak saat masa ovulasi dan disebut sebagai LH surge. Sebagaimana juga jika terjadi kehamilan maka kadar hCG pada urin yang akan berubah. Jadi melakukan tes dengan media urin ini cukup akurat. Selain itu juga mudah dan murah serta termasuk cepat diketahui hasilnya. Hanya perlu menunggu selama beberapa menit saja setelah urin diteteskan pada alat test strip test pack nya.

Ludah

Gambar ludah dibawah microscop akan nampak berbeda dan membentuk pola tertentu. Sehingga ludah juga bisa dijadikan media untuk melakukan tes ovulasi.

Cairan Lendir Rahim

Analisa terhadap cairan lendir rahim yang diambil sampelnya secara rutin selama beberapa hari juga bisa menjadi petunjuk masa ovulasi.

Suhu Basal

Pengukurannya yang dicatat dan dilakukan tiap pagi hari selama beberapa waktu juga bisa dianalisa dan menjadi petunjuk masa ovulasi.

Tanpa media juga bisa diketahui perkiraan masa ovulasi yakni dengan sistem kalender terkait siklus haid meski hasilnya cenderung kurang akurat.

Hindari Kesalahan saat Tes Ovulasi

Cara tes ovulasi yang paling umum dan mudah digunakan ialah dengan menggunakan test pack fertilitas atau ovulation test pack. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

Alat Sekali Pakai dan Ada Masa Kadaluarsanya

Jangan sampai salah beli, dengan test pack kehamilan. Beli test pack kesuburan atau ovulation test pack. Lalu cek masa kadaluarsanya. Alat ini merupakan alat sekali pakai. Baca dan pelajari petunjuk cara pakai yang dengan cermat.

Waktu Tes Ovulasi yang Tepat

Berbeda dengan waktu pelaksanaan test kehamilan yang di pagi hari setelah bangun tidur, maka waktu yang tepat untuk melaksanakan test kesuburan atau tes ovulasi ini ialah di saat mulai jam 11 siang hingga jam 3 sore, kecuali dokter menyarankan lain.

Cara Pakai yang Benar

Cara menggunakan strip test pack kesuburan atau fertilitas atau alat harga tes ovulasi ini sangat mudah. Teteskan saja urin ke dalam lubang sampel. Lalu tunggu selama 3 menit hingga 10 menit guna mengetahui hasil testnya. Meski begitu hindari kesalahan yakni jika tetesan urin tidak mengenai lubang sampelnya. Pastikan tetesan benar-benar mengenai lubang sampel, agar bisa dideteksi dengan akurat. Biasanya telah disertakan pipet khusus yang bisa digunakan agar bisa membasahi lubang sampel dengan urin secara mudah. Bisa tampung urin pada wadah, lalu gunakan pipet, tekan 1 kali guna mengambil cairan urin nya kemudian geser pipet tepat di atas lubang sampel, selanjutnya tekan pipet sekali lagi guna memastikan tetesan urin telah jatuh pada tempat yang benar.

Jangan sampai salah membaca hasilnya juga, dan lalu lakukan hubungan suami istri sesegera mungkin setelah hasil menyatakan positif saat masa ovulasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *