Tahapan pembuatan akun WhatsApp Business dengan Business Solution Provider (BPS)

Ilustrasi Whatsapp Business Solution Provider

Untuk anda yang ingin memanfaatkan API business dari WhatsApp, anda harus mendaftar dulu di bagian whatsapp business solution provider (BSP). Ini akan membantu anda untuk bisa berinteraksi dengan konsumen di Whatsapp. Jika penyedia solusi bisnis sudah mendukung pengelolaan bisnis maka akan langsung berintegrasi dengan business API. 

Mengenal WhatsApp bisnis

WhatsApp merupakan aplikasi yang sangat terkenal dan memberikan kenyamanan untuk para penggunanya. WhatsApp juga mengeluarkan layanan untuk bisnis sebagai saluran untuk berkomunikasi. WhatsApp bisnis didesain khusus dan bisa di download secara gratis di Play Store. Dilengkapi oleh fitur yang akan membuat anda lebih mudah dalam menjawab pertanyaan, sortir pemesanan dan lainnya. tidak hanya untuk memudahkan tetapi juga menambah rasa kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang dijalankan. 

Pendaftaran akun WhatsApp bisnis hampir sama dengan WhatsAPP biasanya. Anda harus mendaftarkan nomor telepon aktif dan melengkapi profil ketika sudah mendaftar. Anda dapat mencantumkan berbagai informasi terkait bisnis seperti alamat, nama bisnis, email, bahkan website. Untuk bisa membalas WhatsApp dengan otomatis kepada pelanggan. Gunakan fitur away message atau quick replies. Anda bisa mengatur pesan di waktu yang diinginkan. Pesan ini akan otomatis dikirimkan kepada pelanggan. 

Tahapan pembuatan akun WhatsApp Bisnis dengan BSP

Untuk mendapatkan banyak keuntungan, anda bisa menghubungkan Whatsapp bisnis dengan Whatsapp business API yang biasa dikenal dengan BSP. Ini akan membantu untuk melegitimasi jenis bisnis apa yang sedang anda kembangkan atau kerjakan. Berikut untuk tahapan pembuatan akun WhatsApp bisnis dengan BSP:

  1. Tahapan awal untuk verifikasi akun bisnis ke BSP 

Untuk menghubungi BSP, anda bisa langsung ke bagian direktori partner facebook. BSP juga berguna untuk mengelola dan membuat akun bisnis di WhatsApp. Tahap awal sebelum mendaftar adalah dengan menuju ke direktori pengelola akun. 

Masuk ke pengelola bisnis. Dengan login, anda bisa melihat daftar dan menambahkan orang ke bagian pengelola. Untuk mengakses WhatsApp Business API, pengelola harus selalu masuk dalam bisnis, jadi bukan sebagai pihak ketiga atau agen. 

Ketika login, anda akan diminta oleh WhatsApp Business Solution Provider untuk memasukkan ID pengelola. Untuk mendapatkan ID, anda bisa masuk ke bagian pengaturan bisnis dan memilih info bisnis. ID bisa dilihat dari nama akun pengelola. 

  1. Menyetujui pesan yang dikirim dengan nama bisnis 

Tahapan kedua, BSP akan mengirimkan pesan ke WhatsApp business dengan nama bisnis anda. kemudian, anda akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi. Selanjutnya setujui permintaan dengan cara klik permintaan dan setujui pesan tersebut. 

  1. Verifikasi bisnis 

Setelah menyetujui pesan yang dikirim atas nama bisnis anda, anda harus melakukan verifikasi kembali. Masuk pengelola bisnis dan klik pengaturan bisnis. lanjutkan dengan klik ke pusat keamanan dan klik mulai dari verifikasi. Setelah melakukan bisnis, whatsapp business solution provider akan memiliki akses untuk bisnis anda. 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *