Cara Mengetahui Wanita Yang Sedang Berada Di Masa Subur

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan ovulasi test strip

Untuk mengetahui masa subur, anda bisa menggunakan ovulasi test strip dan Anda harus mengetahui terlebih dahulu kapan masa haid dimulai. Ketika terjadinya proses menstruasi, maka biasanya sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Proses ovulasi ini ditandai dengan adanya sel telur yang sudah matang dan ovarium yang melepaskan sel telur tersebut. Proses ovulasi ini terjadi sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama pada menstruasi anda berikutnya. Sebenarnya, ovulasi ini juga dapat terjadi sesuai dengan siklus menstruasi anda. Apabila seorang perempuan memiliki siklus yang tergolong singkat, maka masa ovulasi bisa terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasinya berakhir.

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Untuk mengetahui masa subur wanita, anda bisa menggunakan dua cara sebagai berikut:

  1. Menghitung masa subur wanita, yang pertama anda harus mengetahui siklus terpendek masa menstruasi anda. Misalnya 27 hari, maka angka tersebut dikurangi dengan 18 dan hasilnya adalah 9 hari. angka inilah yang menjadi hari pertama masa subur anda. Ada juga saat anda mempunyai siklus terpanjang sebanyak 30 hari, maka angka tersebut dikurangi dengan 11 maka akan mendapatkan hasil 19 hari. angka tersebut yang menjadi masa subur anda. Selain itu, jika anda merasa kesulitan dengan cara manual anda juga bisa menggunakan alat ovulasi test strip ini untuk membantu memudahkan menentukan masa subur.
  2. Mengenali tanda-tanda masa subur wanita. Beberapa hal yang dapat memperkuat perkiraan masa subur, anda juga dapat memastikannya dengan cara berikut ini:

Yaitu dengan meningkatnya suhu basal tubuh, suhu basal ini merupakan suhu tubuh yang terjadi saat anda bangun pagi. Normalnya, suhu tubuh akan berada di kisaran 35,5-36,6 derajat celcius. Tetapi, suhu tersebut akan meningkat saat anda berada dalam masa ovulasi. Nyeri yang diakibatkan terjadinya ovulasi. Rasa sakit ini, bisa terjadi sebelum, selama atau setelah masa subur yang terjadi pada wanita. Selain itu, munculnya lendir serviks juga merupakan salah satu tanda masa subur wanita. Pada masa subur, lendir serviks ini akan berwarna bening, licin dan elastis.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *