Simak 5 Mitos Syarat Pinjam di Bank yang Disalahpahami Banyak Orang!

syarat pinjam di bank

Meminjam uang di bank memang harus diperhitungkan matang-matang. Mulai dari jumlah pinjaman, tenor, hingga syarat pinjam di bank yang harus dipenuhi. Semuanya harus dipikirkan baik-baik agar tidak terjadi kredit macet hingga gagal bayar.

Saat ini, banyak masyarakat yang salah sangka terhadap beberapa hal seputar pinjam uang di bank yang berujung keraguan pada masyarakat untuk benar-benar melakukannya. Adanya pemikiran negatif ini disebabkan karena bank merupakan lembaga keuangan dengan sederet regulasi yang ketat.

Dikutip dari laman resmi salah satu bank BUMN di Indonesia, beberapa mitos terkait meminjam uang di bank antara lain sebagai berikut:

  • Syarat yang Ribet

Banyak yang masih beranggapan bahwa syarat pinjam di bank sangat sulit. Namun ternyata, mengajukan pinjaman di bank juga tidak sesulit yang mungkin Anda pikirkan.

Sebenarnya, tergantung dari jenis pinjamannya juga. Saat ini, bank memiliki produk Kredit tanpa Agunan (KTA) yang dapat digunakan masyarakat untuk mengajukan pinjaman dengan lebih mudah dibandingkan yang menggunakan agunan (jaminan).

  • Proses yang Sulit dan Lama

Meminjam uang di bank sebenarnya tidak susah. Hanya saja, ada berbagai prosedur yang perlu dilalui. Selain itu, bank juga akan melakukan evaluasi apakah Anda “pantas” untuk diberikan pinjaman atau tidak. Untuk lama pengajuan memang terbilang wajar, karena semua prosedur butuh waktu hingga 14 hari kerja.

  • Bunga yang Tinggi

Tentu saja, meminjam uang di bank akan disertai dengan bunga pinjaman. Namun, bunga pinjaman bank tidak sebesar yang Anda kira.

Bunga pinjaman tiap bank memang berbeda-beda. Sehingga, Anda perlu jeli dalam memilih dan memutuskan bank mana yang ingin Anda ajukan kredit. Selain itu, Anda juga perlu menghitung besarnya bunga yang harus anda bayarkan berdasarkan jumlah pinjaman di tiap-tiap bank.

  • Rekening Harus Sama dengan Bank Pemberi Pinjaman

Ini merupakan anggapan yang kerap kali muncul saat kita ingin pinjam uang di bank, di mana rekening yang kita miliki harus sama dengan rekening bank yang kita ajukan pinjaman. Namun perlu diketahui, anggapan ini adalah salah sangka.

Memang uang pinjaman akan diberikan dengan cara ditransfer ke rekening pribadi kita masing-masing. Namun, rekening tersebut tidak harus bank yang sama. Selama rekening tersebut bisa Anda akses dengan mudah melalui ATM ataupun m-banking, maka pinjaman akan diberikan dengan mudah.

  • Telat Bayar Akan Didatangi Debt Collector

Jika Anda telat bayar sehari dua hari, Anda hanya akan diingatkan oleh pihak bank melalui telepon. Namun jika Anda sengaja menunggak hingga menolak panggilan dari bank, tentu saja akan didatangi pihak bank untuk menagih pinjaman.

Itulah beberapa mitos tentang syarat pinjam di bank yang perlu Anda ketahui. Memang bank memiliki aturannya sendiri dalam menjalankan usaha. Sehingga, butuh penanganan yang profesional agar dapat memberikan pinjaman kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *