Tips Memilih Koperasi Simpan Pinjam

memilih dan menentuk koperasi simpan pinjam yang aman

Adanya sebuah koperasi yang ada di Indonesia sudah dibuktikan dengan menjadi salah satu penopang perekonomian di Indonesia, salah satunya koperasi simpan pinjam. Apalagi perekonomian menengah ke bawah. Saat ini kita menyadari jika krisis moneter yang melanda di Indonesia memang membuat berbagai lembaga perbankan yang kian bermunculan. Bahkan ada begitu banyak platform online yang bisa digunakan untuk meminjam uang. 

Memilih Koperasi Simpan Pinjam yang Aman 

Kehadiran koperasi memang dibuat dengan sebuah niat secara bersama-sama untuk membantu dalam memperbaiki tariff kesejahteraan dari para anggotanya. Akan tetapi, dalam perkembangannya sendiri, ada berbagai lembaga yang bisa saja melakukan banyak penipuan terhadap beberapa masyarakat yang memutuskan untuk menyewa uang. 

Solusi terbaik untuk mendapatkan keamanan selama meminjam uang bisa dilakukan dengan memilih koperasi. Di mana salah satu koperasi yang paling diunggulkan adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi ini adalah sebuah lembaga yang sangat tepat untuk dipilih karena dinilai aman bahkan memiliki suku bunga yang rendah. 

Inilah Cara Menentukan Koperasi Simpan Pinjam yang Aman 

Ada banyak kasus yang sangat marak di Indonesia bahkan kasus rentenir, kasus koperasi simpan pinjam juga yang merugikan, maka Anda wajib untuk menentukan koperasi simpan dan pinjam yang aman. Di mana untuk beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Pilihlah jasa koperasi simpan dan pinjam dengan legalitas yang jelas. Di mana koperasi terbaik adalah koperasi yang memiliki syrat legalitas resmi dari Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Indonesia. 
  • Pilihlah jasa koperasi yang juga memiliki syarat dari pemerintah. Surat ini adalah surat sehat atau sebuah sertifikat yang berisi bahwa koperasi ini adalah koperasi yang aman dan tidak akan melakukan penggelapan. 
  • Pilih juga sebuah koperasi yang seringkali melakukan rapat anggota secara berkala. Biasanya, koperasi memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh anggota yang ada di dalamnya. 

Koperasi simpan pinjam yang baik juga merupakan salah satu koperasi yang memiliki pengecekan dana secara berkala. Dengan pengecekan dana atau audit yang dilakukan secara rinci, maka Anda bisa mendapatkan banyak rincian biaya yang transparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *