Kelebihan Kalender Ovulasi untuk Program KB

Ilustrasi Kalender Ovulasi

Menggunakan kalender ovulasi bukan hanya untuk mereka yang memiliki program hamil saja melainkan juga untuk yang ingin membatasi. Cara yang satu ini diketahui sangat mudah dilakukan dan cukup efektif. Ya, banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan misalnya seperti di bawah ini:

Cocok untuk Pasangan Muda

Kelebihan yang pertama adalah cocok untuk para pasangan mudah yang usianya kurang dari 30 tahun. Ya, cara ini memang bagus jika efektif namun jika ada kesalahan sedikit saja bisa fatal jadinya. Oleh karena itu tidak disarankan untuk pasangan tua. 

Jika cara ini gagal, Anda dan pasangan tentu harus menerimanya tapi masih dalam lingkup aman. Jika yang hamil sudah berusia 30 lebih maka inilah yang berbahaya. 

Cocok untuk Anda yang Tidak Cocok dengan Berbagai jenis Kontrasepsi

Walaupun sama-sama wanita, organ reproduksinya memiliki bentuk yang cukup berbeda. Tak hanya itu, respons tubuh dan juga hormonnya juga berbeda-beda. Oleh karena itu sering kali ada wanita yang tidak cocok menggunakan kontrasepsi baik hormonal maupun IUD. 

Metode kalender masa ovulasi ini bisa membantu mereka untuk menghindari hari-hari subur agar tidak menyebabkan kehamilan. Jadi, Anda tak perlu takut hamil lagi walaupun tanpa alat atau obat. 

Tidak Boros dan Lebih Hemat

Kemudian, penggunaan cara ini adalah yang termurah bahkan gratis. Anda tak perlu ke mana-mana, tak perlu ke dokter atau membayar mahal. Kalender ini bisa Anda peroleh bahkan secara digital melalui aplikasi. Anda hanya perlu mengunduh mana yang paling sesuai. 

Mudah Dilakukan Asal ada Komitmen

Cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan asal kedua pasangan kompak dan komitmen bahwa tidak melakukan hubungan seksual. Setelah hari subur berakhir maka selanjutnya Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan suami istri. 

Itulah beberapa keuntungan bagi Anda yang memilih menggunakan kalender ovulasi untuk KB. Perhatikan penjelasan di atas dengan agar tidak menimbulkan salah persepsi. Semoga cara ini berhasil untuk Anda dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *