Tips memulai Bisnis Kosmetik Brand Sendiri

bisnis-kosmetik-brand-sendiri

Guna memiliki bisnis kosmetik brand sendiri ternyata tak harus dengan modal yang cukup besar, untuk membangun pabrik kosmetik sendiri, dan lain sebagainya. Tapi bisa menggunakan jasa perusahaan maklon, yang akan memproduksi kosmetik sesuai pesanan dan tanpa merk. Sehingga pemesan cukup order kosmetik sesuai jumlah minimalnya atau lebih lalu bisa diberi label merk sesuai brand sendiri. Berikut tips untuk memilih perusahaan pabrik kosmetik maklon yang hendak diajak bekerjasama tersebut.

Informasi Lengkap tentang Perusahaan Maklon

Melalui internet maka bisa dicari informasi mengenai tiap perusahaan pabrik kosmetik maklon yang ada. Lalu cari tahu peraturan dan prosedur kerjasamanya. Jasanya meliputi apa saja, dan juga dengan jumlah minimal pemesanan dan lain sebagainya. Hubungi kontaknya dan kunjungi kantor serta pabriknya. Pilih perusahaan maklon yang jelas alamat dan mudah dihubungi serta bereputasi baik.

Bicarakan Segalanya, buat Perjanjian Hitam diatas Putih

Diskusikan semua hal secara jelas dan rinci, antara lain mencakup beberapa hal berikut ini.

Formula Kosmetik

Formula kosmetik seperti lipstik misalnya ada yang sepenuhnya dengan resep standar dari pabrik maklon, pemesan tinggal memilih saja warnanya dan bentuk kemasannya juga jenis wangi aromanya serta pernik detail lainnya. Namun ada juga perusahaan maklon kosmetik yang akan memproduksi sesuai formula racikan pemesan, baik yang komposisinya berbeda sama sekali, maupun yang hanya dengan adanya penambahan atau pengurangan ingredient tertentu beserta persentase komposisinya.

Ingredient Bahan

Bahan pembuatan kosmetik ada yang sepenuhnya berasal dari pihak perusahaan maklon tapi ada juga yang bisa ditambahkan atau seluruhnya berasal dari pihak pemesan.  

Perijinan

Ijin yang diperlukan terkait produk kosmetik antara lain meliputi ijin edar dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dan izin kehalalan produk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jika formulasi kosmetik dan ingredient bahannya berasal dari perusahaan pabrik kosmetik maklon maka biasanya sudah ada ijin BPOM juga sertifikasi halalnya dari MUI, atau bisa juga dibantu pengurusannya. Bisa secara gratis atau berbayar sesuai kesepakatan. Namun jika ada bahan yang berasal dari pihak pemesan atau formulasi kosmetik yang berbeda dari standar yang telah disediakan oleh pihak perusahaan pabrik kosmetik maklon maka biasanya pemesan harus mengurus sendiri segala perizinannya, yakni baik ijin edar dari BPOM maupun juga sertifikasi kehalalannya dari MUI. Jika mau menggunakan formulasi produk kosmetik dan ingredient bahan-bahannya dari perusahaan pabrik kosmetik maklon itu juga sudah bagus kualitasnya karena ada juga konsultan kosmetik yang ahli di bidangnya serta telah berpengalaman yang mengawasi agar kualitas produk kosmetiknya memenuhi standar.

Siapkan Modal Awal

Lalu persiapkan sejumlah dana sebagai modal awalnya. Tak perlu sebesar jika harus membangun pabrik sendiri, namun bisa siapkan mulai sekitar 5 juta Rupiah saja untuk membangun bisnis kosmetik brand sendiri.

Lalu siapkan nama brand yang hendak dipakai, dan harga jualnya, serta cara pemasarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *