Ternyata Ini Manfaat Integrasi Marketplace Untuk Bisnis Online

integrasi marketplace

Manfaat Integrasi Marketplace 

Integrasi marketplace secara garis besar hadir dengan tujuan memberi ruang fleksibel untuk membuka lapak online di satu atau lebih marketplace. Sistem integrasi ini memberikan banyak manfaat mulai dari sinkronisasi stok produk hingga merekam semua transaksi. 

Mungkin benar ada banyak aplikasi khusus untuk kebutuhan ini yang hadir dengan penawaran fitur bervariasi. Tapi secara garis besar setiap aplikasi menawarkan satu kemudahan yang sama, yaitu kemudahan pengelolaan marketplace. Adapun berikut manfaat integrasi marketplace Indonesia lebih jelasnya:

  • Update Stok Lebih Cepat Lebih Akurat

Bagi Anda yang membuka banyak marketplace, maka update stok barang harus dilakukan di semua marketplace yang dikelola. Tentu hal ini akan cukup merepotkan terlebih jika Anda memiliki banyak jenis item yang dijual. Salah-salah stok produk habis tapi di marketplace tertulis masih banyak, tentu hal ini berisiko pada oversell.

Namun, tidak lagi. Menggunakan aplikasi dengan sistem integrasi Anda bisa update stok barang lebih cepat dan lebih akurat. Semuanya lebih mudah tanpa harus edit satu per satu di setiap marketplace. Hal ini karena masing-masing marketplace sudah terhubung ke dalam sistem.

  • Pengelolaan Secara Otomatis

Sistem otomatis cukup membantu saat Anda memiliki banyak konsumen yang mana masing-masing butuh dilayani dengan cepat. Ingat kepuasan pelanggan mempengaruhi performa toko online Anda. Menggunakan aplikasi integrasi marketplace Anda bisa mengatur produk, pesanan, promosi, dan lainnya menggunakan satu platform saja.

  • Analisis Penjualan Akurat

Sistem integrasi ini biasanya juga dilengkapi dengan laporan hasil penjualan di setiap marketplace yang Anda kelola. Laporan disajikan lengkap seperti laporan laba rugi, laporan produk best seller, laporan produk yang kurang laku, dan lainnya. 

Semua laporan tersedia dalam bentuk file yang bisa diunduh. Tentu sangat menguntungkan karena Anda tidak lagi harus menyusun laporan secara manual

  • Rekam Data Konsumen

Data mengenai konsumen Anda terekam lengkap, mulai dari alamat, jenis item yang dibeli, hingga waktu pembelian. Anda pun memiliki kontak para konsumen agar bisa melakukan promosi sesuai jenis item yang sering mereka beli. Tanpa integrasi marketplace mungkin Anda tidak mendapatkan info crucial ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *