4 Jenis Griddle yang Paling Banyak di Pasaran

Alat masak dengan sandwich diatasnya

Memiliki griddle di rumah mungkin dapat membuat pengalaman memasak menjadi lebih menyenangkan. Terutama untuk kamu yang suka memanggang makanan.

Umumnya, griddle sering dijumpai di penjual makanan yang menjajakan berbagai menu seperti hot dog, burger, dan lain sebagainya. Namun sekarang, sudah banyak tempat jual griddle dengan harga yang terjangkau, membuat kamu bisa memiliki setidaknya satu buah di rumah.

Di pasaran sendiri, griddle ada banyak jenisnya. Di antaranya:

  • Cast Iron Griddle

Cast iron griddle merupakan jenis griddle yang paling compact bentuknya. Bentuknya lebih mirip seperti wajan teflon, namun kebanyakan memiliki bentuk kotak. Karena bentuknya yang sederhana, cast iron griddle lebih banyak digunakan di rumah-rumah.

Namun perlu kamu perhatikan, cast iron griddle tidak memiliki lapisan anti lengket layaknya wajan teflon. Sehingga, kamu perlu memberikan lebih banyak minyak sebelum memulai memanggang.

  • Electric Griddle

Sesuai namanya, griddle yang satu ini menggunakan listrik sebagai sumber panasnya. Biasanya, electric griddle memiliki bentuk yang sedikit lebih lebar dibandingkan cast iron griddle. Sehingga, electric griddle akan cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti berjualan makanan.

Hal yang perlu kamu perhatikan, kebanyakan electric griddle memiliki kabel steker yang cukup pendek. Sehingga, kamu perlu menggunakan roll kabel jika ingin menggunakannya di tempat yang agak jauh dari stopkontak.

  • Griddle Pan

Secara bentuk, griddle pan hampir sama dengan cast iron griddle. Namun, griddle pan menggunakan lapisan anti lengket khas teflon. Sehingga, kamu tidak perlu menuangkan minyak banyak untuk memanggang.

Namun, griddle pan memiliki bahan yang mudah melengkung. Sehingga, kamu perlu hati-hati dengan suhu api kompor kamu.

  • Outdoor Griddle

Outdoor griddle merupakan griddle yang cocok digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Umumnya, outdoor griddle ada yang menggunakan gas ataupun arang. Selain itu, bentuknya yang besar memudahkan kamu untuk membersihkannya.

Sayangnya, kebanyakan outdoor griddle tidak memiliki grip pada sisi-sisinya. Sehingga, kamu perlu menunggu dingin lebih lama untuk membersihkannya. Selain itu, harga jual griddle yang satu ini terbilang paling mahal dari yang lainnya.

Itulah tadi beberapa griddle yang dijual di pasaran. Saat ini, sudah banyak tempat jual griddle di toko-toko maupun e-commerce. Sehingga, memiliki satu buah saja rasanya tidak sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *