4 Jenis Toefl Yang Sering Diujikan, Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Berikut adalah kursus toefl online terbaik

Tahukah Anda jika dalam tes toefl dibagi menjadi beberapa jenis. Biasanya penyedia layanan jasa kursus toefl terbaik bisa membantu Anda mengikuti jenis-jenis tes tersebut. Jika Anda belum begitu mengerti apa saja jenis dari toefl tersebut. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya.

PBT atau Paper Based Test

Jenis tes toefl yang pertama adalah PBT atau Paper Based Test. Jenis tes toefl ini merupakan yang paling umum dan banyak diselenggarakan di beberapa tempat seperti lembaga pendidikan, kursus toefl terbaik, hingga lembaga yang memang memberikan pelatihan bahasa.

Jangkauan waktu tes toefl jenis ini adalah berdurasi kurang lebih 3 jam lamanya. Dimana materi dari tes tersebut meliputi listening, structure & written expression, reading comprehension, dan writing.

IBT atau Internet Based Test

Berikutnya ada test toefl jenis IBT atau Internet Based Test. Test jenis ini memang begitu populer sejak tahun 2015 lalu. Jika dilihat dari materi tes yang diberikan sebenarnya sama dengan jenis tes toefl sebelumnya.

Namun ada sedikit yang membedakan tes jenis IBT atau Internet Based Test ini yaitu memiliki materi structure.

CBT atau Computer Based Test

Awal kemunculan dari test toefl jenis CBT atau Computer Based Test adalah pada tahun 1998. Namun karena adanya kehadiran dari IBT atau Internet Based Test membuat CBT atau Computer Based Test menjadi kurang populer.

Test toefl jenis ini juga memiliki materi listening. Dimana nantinya ketika materi listening Anda bisa mendengarkannya dengan headphone. Satu hal yang perlu diketahui dari test ini adalah ketika Anda tertinggal dari satu soal listening.

Maka kesempatan mengulangi soal tidak akan diberikan. Hal ini merupakan peraturan dasar dari toefl jenis CBT atau Computer Based Test.

ITP atau Institutional Testing Program

Terakhir ada tes toefl jenis ITP atau Institutional Testing Program. Biasanya tes jenis ini akan dilakukan oleh perguruan tinggi maupun lembaga bahasa terpercaya. Menariknya test toefl jenis ini memiliki standar internasional.

Dari empat jenis toefl seperti penjelasan di atas. Tentunya Anda bisa lebih mudah melewatinya dengan bantuan kursus toefl terbaik di kota-kota Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *