Mengenal ADCP Survey, Alat untuk Menganalisa Gelombang dan Arus Pada Laut yang Jarang Diketahui!

ilustrasi jasa adcp survey

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini semakin mudah untuk melakukan berbagai hal, salah satunya melakukan analisa gelombang dan arus pada laut menggunakan acdpsurvey. Acdpsurvey ini sangat berguna untuk mengidentifikasikan pergerakan arus laut. Berikut ini merupakan beberapa hal mengenai jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut yang masih jarang diketahui.

Pengertian ADCP Survey

ADCP atau AccousticDopplerCurrentProfiler merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan dan arah 3 dimensi pada kolom air dan juga profil gelombang yang kemudian menentukan pergeseran frekuensi doppler dari signal yang disebarkan oleh partikel. ADCP menjadi salah satu alat akustik yang cukup dikenal. Alat akustik itu sendiri mungkin masih asing ditelinga banyak orang, untuk istilah umumnya sama dengan SONAR (Soundnavigationandranging).

Alat ini menggunakan prinsip dari efek doppler dalam proses pengukurannya, efek doppler pada adcp dapat menyebabkan gelombang suara yang dibawa oleh partikel air menjauh dari alat pendeteksi sehingga menyebabkan penurunan frekuensi gelombang suara yang pada hasil akhirnya nanti akan mendapatkan hasil berupa seberapa cepat gelombang bergerak melalui partikel air.

Prinsip Kerja Pada ADCPSurvey

Pada dasarnya prinsip kerja pada adcp ini memanfaatkan efek doppler yang dimana pergeseran doppler nantinya akan mentransmisikan suara pada frekuensi tetap dan mendegar gema dari suara yang dihamburkan oleh penghambur dalam perairan. Penghamburan ini merupakan partikel-partikel dalam air atau bisa juga merupakan sekumpulan plankon yang bergerak bersamaan dengan arus laut.

Suara yang ditransmisikan ini nantinya akan berada pada kisaran ultrasonik yang jauh dari kisaran suara yang dapat didengar manusia. Frekuensi yang digunakan alat ini paling rendah adalah 30 kHz dan yang tertinggi adalah 3000 kHz. Selain itu, efek doppler pada adcp menjadi hal yang sangat penting dalam pengoperasian alat ini karena berhubungan dengan perubahan frekuensi sumber ke kecepatan relatif yang berasal dari sumber dan juga pengamat.

Prinsip kerja pada adcp ini berkaitan erat dengan pergeseran doppler yang merupakan perbedaan antara frekuensi yang ditransmisikan dengan frekuensi yang dipantulkan yang berasal dari pergerakan partikel ke sumbernya. 

Kemudian prinsip pada alat ini memanfaatkan gelombang akustik yang dipancarkan melalui transducer dan merambat sepanjang kolom air dan nantinya pulsa suara akan dipantulkan kembali dari pergerakan partikel yang tersuspensi atau gelombang ke dalam beam akustik  dan menghasilkan pergeseran transmisi suara yang dimana didapatkan dari hasil perhitungan kecepatan.

Pulsa nantinya akan dikirim ke arah beam yang berbeda dan dapat diasumsikan arus seagam dalam lapisan kedalaman konstan, transformasi trigonometri nantinya digunakan untuk mengubah kecepatan sepanjang balok menjadi tiga komponen kecepatan yang terkait dengan sistem koordinat kartesian. 

Itu dia hal-hal mengenai jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut yang mungkin masih jarang orang ketahui. Alat ini memang berkaitan erat dengan efek doppler dalam melakukan pengukuran atau analisa gelombang dan arus pada laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *