Persyaratan Membuka Klinik Kecantikkan – Jasa Pengurusan Hak Paten Skincare

ilustrasi skincare

Klinik kecantikkan bukan lagi sebuah trend, melainkan telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup saat ini. Oleh karena itu, telah diatur sebuah ketentuan-ketentuan agar meminimalisir pelanggaran dan perlindungan hak bagi konsumen dan juga pelanggan dalam layanan kecantikkan ini. Didalam aturan Permenkes No. 9 pada tahun 2014 sendiri, telah ada ketetapan bagaimana syarat untuk mendapatkan atau membuka klinik kecantikkan. Kebutuhan akan izin persyaratan-persyaratan tersebut melahirkan lembaga yang membuka jasa seperti jasa pengurusan hak paten skincare, bahkan untuk jasa pengurusan persyaratan membuka klinik kecantikkan ini.

Beberapa persyaratan membuka klinik kecantikkan diantaranya:

  1. Membuat surat permohonan

Ada beberapa surat-surat yang harus dilengkapi dan diserahkan ke Dinas Kesehatan Tempat klinik yang akan anda dirikan, surat-surat itu berupa fotokopi surat lengkap pendirian klinik yaitu fotokopi KTP atau Akta berbadan hukum, fotokopi persetujuan lingkungan, fotokopi IMB dan sertifikat tanah, fotokopi perjanjian pengolahan sampah medis ke pihak yang mengurusi pengolahan sampah tersebut.

  1. Lampiran informasi lengkap penanggung jawab teknis medis 

Berkaitan dengan klinik sangat riskan atau erat kaitannya dengan tanggung jawab terhadap tubuh manusia, klinik kecantikkan haruslah memiliki penanggung jawab yang teruji san memenuhi persyaratan klinis. Beberapa lampiran informasi lengkap penanggung jawab teknis medis diantaranya adalah dokumen asli pengangkatan sebagai penanggung jawab teknis medis, pernyataan kesiapan diangkat sebagai penanggung jawab teknis medis, surat legalitas dan registrasi dokter Indonesia yang masih berlaku dari Konsil Kedokteran Indonesia, fotokopi kartu tanda penduduk, sertifikat pendidikan dan pelatihan serta SIP.

  1. Surat pernyataan siap mengikuti peraturan.
  2. Melampirkan tarif dan jenis pelayanan klinik.
  3. Fotokopi NPWP dengan jenis usaha.
  4. Serta kelengkapan klinik yang akan dijadikan usaha tersebut.

Itulah beberapa syarat membuka klinik kecantikkan, kamu juga dapat menggunakan bantuan seperti jasa pengurusan hak paten skincare dan lain sebagainya. Dalam hal memenuhi persyaratan ini sangat penting, agar usaha anda dapat dipercaya konsumen, legal secara hukum, dan dapat mudah untuk berkembang diwaktu yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *